See PRO edition

See other templatesSee other templates

ANIMAL SCIENCE PAPER COMPETITION 2015

Peternakan merupakan sektor yang memiliki peluang sangat besar untuk dikembangkan sebagai usaha di masa depan.Problematika dalam negeri yang menjadi penghambat sektor produk peternakan, salah satunya masih kurangnya pengawasan dan regulasi mengenai Food Safety, Produksi Ternak, Pakan Ternak, Animal Walfare, Pengolahan Hasil dan Manajemen Ternak yang kurang efektif dan efisien. Hingga saat ini 30% kebutuhan daging sapi dalam negeri masih harus dipenuhi melalui Import (Kompas,2011). Begitu pula dengan kebutuhan susu nasional sekitar 70 % kebutuhannya masih di penuhi melalui import (GKSI,2015). Yang lebih mengkhawatirkan kebutuhan akan pakan ternak 80% bahan bakunya harus didapatkan melalui import (Kemenperin,2015). Untuk itu perlu suatu inovasi untuk mengakselerasi upaya kemandirian protein hewani di Indonesia.

 

Dalam menanggulangi berbagai masalah yang telah dipaparkan, peran dari sektor pendidikan tinggi riset dan teknologi sangat diperlukan, namun sayangnya banyak inovasi-inovasi yang telah  diciptakan tidak terealisasikan akibat kurangnya publikasi ilmiah, berdasarkan data yang di peroleh dari Scientific Journal Rankings pada tahun 2014, Publikasi Journal Ilmiah Indonesia masih berada di rangking ke-61 jauh di bawah Singapura (32), Malaysia (37), dan Thailand (43). Sehingga sangat diperlukan suatu inovasi yang mewadahi dan menanammkan pada peneliti khususnya yang masih berstatus mahasiswa untuk mempublikasikan hasil risetnya, yang nantinya hasil publikasi tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk merealisasikan hasil penelitian atau riset yang telah dilakukan

Berdasarkan latar belakang tersebut maka Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga berencana menyelenggarakan ANIMAL SCIENCE PAPER COMPETITION 2015 dengan mengusung tema “ INOVASI STRATEGI   KEMANDIRIAN DAN SUSTAINABILITAS PENYEDIAAN PROTEIN ASAL HEWAN TERNAK DI  INDONESIA”. Kegiatan ini diharapkan mampu menjembatani pemuda mahasiswa untuk berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung melalui sebuah paper hasil penelitiannya yang dapat diimplementasikan demi upaya kemandirian pemenuhan protein hewani hingga mampu mensejahterakan rakyat Indonesia melalui berbagai potensi yang dimiliki Indonesia.  Regards innovation for indonesia.

Download:

Abstrak

Formulir

FullPaper

Last modified on Friday, 03 July 2015 06:59

Designed by Team Unit Sistem Informasi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga