See PRO edition

See other templatesSee other templates

FKH Unair dan Taman Safari II Kerjasama Konservasi Satwa

Surabaya (beritajatim.com) - Upaya meningkatkan kepedulian satwa endemik Indonesia terus dilakukan, salah satunya yaitu kerjasama antara Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya dengan Taman Safari Indonesia II hari ini.

Tujuan kerjasama ini tidak lain hanya untuk peningkatan kesehatan, produktivitas, reproduksi, dan langkah konservasi satwa liar lainnya.

Selain penentuan sexing unggas dengan test DNA, dalam kerjasama ini juga menelusuri garis keturunan (gane mapping) dan kekerabatan satwa liar dengan menggunakan peralatan mutakhir. Pengembangan dan pelestarian plasma nutfah jika tidak kalah penting untuk ditinjau.

Dalam hal pengembangan pakan, keduanya juga melakukan kegiatan seperti pembuatan USB,  Silase, dan pembuatan pakan satwa liar khusus.
Tidak ketinggalan juga, dilakukan pengujian kelayakannya di laboratorium pakan satwa, patologi, parasitologi, mikrobiologi, virologi, dan toksikologi.

Serangkaian pelatihan untuk tenaga medik dan paramedik serta perawat satwa juga dilakukan. Mulai dari Vetenary Forensik, Immunohistokimia, dan training perawatan satwa.


Fakultas Kedokteran Hewan juga difasilitasi untuk mereka dalam hal pengembangkan pendidikan, khususnya mahasiswa yang magang, praktek kerja lapangan, dan penelitian tentang satwa. [zai/ted]

 

Last modified on Thursday, 22 January 2015 01:21

Designed by Team Unit Sistem Informasi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga